Rabu, Agustus 25, 2010

Menyiram Tanaman Menggunakan Missed Call Handphone

Bayangkan jika suatu saat anda harus meninggalkan rumah kediaman tanpa pembantu/penjaga untuk jangka waktu cukup lama (seperti saat mudik lebaran atau liburan panjang lainnya) padahal di rumah tersebut terdapat tanaman yang harus disiram rutin setiap harinya. Jika kebetulan saat itu adalah musim panas tanpa hujan, maka tanaman tersebut bisa saja akan mati kekeringan. Sayang bukan?

Berangkat dari masalah ini, penulis mempunyai ide untuk bisa menyirami tanaman tersebut dari jarak jauh dengan menggunakan Missed Call Handphone. Sehingga kemanapun kita pergi asalkan masih terdapat sinyal operator dari kartu yang kita pakai, berarti kita masih bisa menyirami tanaman di rumah kita. Secara singkat caranya adalah dengan menggunakan sinyal suara (dering) dari handphone yang kita hubungi untuk dijadikan masukan (input) bagi rangkaian switch relay, dimana relay ini digunakan sebagai saklar untuk menghidupkan pompa air. Air dari pompa ini selanjutnya bisa dalirkan langsung menuju tanaman kesayangan anda.

Tanpa banyak Cang-Cing-Cong, Berikut adalah rangkaian switch relay yang saya gunakan untuk keperluan tersebut :


Gambar : relay-switch-activated-by-tone-and-signal

Sirkuit ini saya dapat dari sini , Sinyal input perlu sekitar 0,3V pk-pk (100mV RMS), penjelasan teknis lebih detail dari rangkaian di atas silahkan dibaca pada blog tersebut. Pada prakteknya, tegangan dari earphone handphone ternyata kurang dari 3mV, untuk itu saya masih perlu pre-amp untuk bisa menaikkan tegangan earphone sampai ke level 3mV. Tidak usah susah-susah merangkai/mensolder pre-amp, di pasaran banyak dijual pre-amp yang sudah jadi. Pre amp (mono) pasaran ini biasanya sudah dilengkapi potensiometer sehingga kita bisa mengatur tegangan masukannya sesuai yang kita butuhkan.

Aplikasinya selain untuk menyiram tanaman jarak jauh seperti yang saya terapkan, bisa juga untuk memberi makan ikan di akuarium jarak jauh, yang terakhir ini perlu dipikirkan alat mekanik elektronik yang berfungsi memberi pakan ikan di dalam akuarium.


Terimakasih

8 komentar:

didik sugiarto mengatakan...

Wow..ide bagus sobat. Ada nggak remot yang bisa matiin komputer dari jarak jauh....?

Sochib e-lBashr mengatakan...

weh, apa kabar dik? sorry lama nggak nengok blog nggak tahu kalau sampean mampir... kalau mau matiin komputer jarak jauh tinggal dihubungkan saja saklarnya ke bagian power komputer, missedcall sebentar, nanti juga shutdown sendiri... :). thanks sudah mampir dik...

berbagi informasi mengatakan...

wah oke juga tuh mas
salam kenal ya mas
kunjungan balik ditunggu
terima kasih

BUDI'S BLOG mengatakan...

budi.s:
alhamd. kreasi teknologi praktis yang sungguh bermanfaat. selamat atas ide inovasimu dik sochib.
bagaimana kalau buat tahu gambaran lokasi vital sekitar kita lewat hp. jika dalam posisi darurat dan jauh dari kota ???
(idubonsirtus@gmail.com)

Sochib e-lBashr mengatakan...

Terima kasih apresiasinya mas budi..
inti ide itu cuma pemanfaatan dering hape yang digunakan sebagai pemicu saklar listrik.
kalau ingin mengetahui gambaran lokasi di sekitar kita, tentu menggunakan perangkat yang lebih rumit, CCTV atau webcam sebagai alat monitor, juga komputer server yang sebagai pengolah datanya. Teknologi ini sudah digunakan oleh team pemantau merapi untuk melihat kondisi merapi saat ini secara online. untuk lebih jelas, silahkan check link camera deles http://merapi.bgl.esdm.go.id/view-r.php?id=68 dan camera kaliurang http://merapi.bgl.esdm.go.id/view-r.php?id=68, beberapa hari yang lalu masih bisa. jika error, mungkin server lagi down..
terimakasih

Anonim mengatakan...

Kalau buat nyalain lampu dirumah nggak bisa ya?Masak harus dimiscall terus?kalau ada saklar on off permanen,sekali misscall nyala terus misscall lagi nyala lagi,MATUR NUWUN BOSS.............

sochib mengatakan...

@anonim, siapapun anda, terimakasih sudah ngasih komentar... wah, memang repot kalau harus miscall terus-terusan cuma sekedar nyalain lampu, kalau anda hobi di elektronika, anda bisa modifikasi rangkaiannya dengan rangkaian flip-flop sehingga bisa berfungsi sebagai on-off bolak-balik. namun disini bahasannya tidak sampai sejauh itu. btw, sekarang sudah banyak di jual di pasaran rangkaian kendali jarak jauh yang bisa digunakan multifungsi. sebagai contoh alat semacan GPS yang bisa mengendalikan outputnya lewat perintah-perintah SMS...

nurdin samudra mengatakan...

sepertinya agak rumit ya

Posting Komentar

Kontributor