Sabtu, Juli 19, 2008

Melihat Dunia Menggunakan Wikimapia

Wikimapia merupakan Peta Online dan Peta Satelit yang terinspirasi oleh Googgle Maps dengan sistem Wiki, sehingga kita bisa menambahkan informasi dalam bentuk catatan di keseluruhan lokasi bumi. Dibuat oleh Alexandre Koriakine dan Evgeniy Saveliew, dan diluncurkan pada tanggal 24 Mei 2006.

(Wikipedia)

Anda yang baru pertama kali membuka peta ini, mungkin terkagum-kagum seperti saya. Masak sih, di peta itu genting rumah kita bisa kelihatan. Bahkan rumah lik Mangun, Mbah Karjo, Lik Ngadino, Samino, Tukiyem, Tukijo, Tumini, Tumburi juga tak luput tergambar di peta itu, he..he..he.. namanya juga foto. Hebat deh. Memang sih tidak realtime, tapi untuk keseluruhan muka bumi, hal ini sudah luar biasa.

Dengan adanya catatan yang diberikan oleh pengguna, maka kita bisa mendapatkan informasi suatu wilayah dengan lebih detail, sesuai dengan nama yang biasa digunakan penduduk setempat. Juga bisa didapatkan nama-nama orang-orang yang tinggal di daerah tersebut, ini karena kebanyakan pengguna memberi tanda lokasi sesuai dengan nama orang-orang yang pernah tinggal disitu

tambahan :
Karena wikimap (orang biasa menyebut demikian) ini dibaca umum, seyogyanya pengguna tidak memberikan catatan-catatan yang tidak perlu melainkan bisa memberi informasi kepada pembacanya.
Misalkan suatu rumah pribadi bisa diberi judul :
Judul : Jalan Cinta No. 10 RT 5 RW 3, Negarakertagama
Diskripsi : Rumah dimana Tukijo, Tukiyem dan Tumino Tinggal
Catatan seperti : saya tinggal disini atau saya pernah tinggal di sana seharusnya dihapus

Let's Describe The Whole World!

Berikut contoh tampilan wikimapia untuk suatu lokasi di perbatasan Jawa Tengah - Jawa Timur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontributor